Sabtu, 12 Agustus 2017

AC Inverter Hemat Listrik Hingga 60% Benar Menurut Teknisi HVAC Medan

Cronopioestupido - AC dengan teknologi inverter bisa menghemat listrik hingga 60%. Namun jangan mengoperasikan AC jenis ini jika listrik di rumah hanya 900 watt. AC inverter tidak bisa dijalankan untuk rumah dengan listrik 900 watt, karena menyala 2 menit setelah itu bisa mati, kata Albert Fleming, Head of Residetial AC PT LG Electronics Indonesia di Jakarta, Rabu (28/4). Kalau rusak bisa menghubungi teknisi hvac medan.


Menurut Albert jika dengan pasokan listrik memadai AC inverter akan lebih hemat dibandingkan dengan low wattage apalagi jenis konvensional. AC inveter memiliki kelebihan 15% lebih cepat dingin dibandingkan AC konvensional, selain lebih hemat listrik hingga 60% dan noisenya lebih rendah.Namun harga AC inveter lebih mahal. 

Jika dibandingkan AC low wattage maka sekitar 15% lebih mahal. AC inverter harganya di atas Rp 4 juta, sementara AC low wattage berada di kisaran 3,5-3,6 juta.Untuk saat ini, AC yang paling banyak dibeli konsumen adalah jenis konvensional yang mencapai 60%. Sedangkan AC jenis low wattage mencapai 30% dan sisanya adalah jenis lain termasuk inverter.

Yang konvensional akan turun, sedangkan low wattage tahun ini diperkirakan akan naik 40%, katanya. Sedangkan AC konvensional tidak akan hilang karena kemungkinan masih ada yang membutuhkan. Namun jika pemerintah menerapkan aturan mengenai penggunaan bahan freon, maka akan berpengaruh pada AC konvensional.Tren ke depan AC lebih banyak yang low wattage. Ada vendor AC yang hanya menjual sistem low wattage, kata Albert.Sementara adopsi AC inverter di Indonesia masih sangat rendah. 

Saat ini baru 27% populasi yang menggunakan AC dan yang menggunakan AC inverter baru sekitar 5% saja di Indonesia.AC inverter lebih banyak dipasarkan ke perusahaan atau B2B (business to business) sekitar 70% sedangkan yang 30% B2C, ujar Sigit Herry Supriyatna, Project Group Head Commercial Air Conditioner PT LG Electronics Indonesia.Berdasarkan penelitian LG bekerjasama dengan Universitas Indonesia, konsumen hanya perlu mengeluarkan Rp 1000 tiap harianya untuk mengoperasikan AC inverter salama 8 jam. AC itu dioperasikan pada suhu 24 derajat celcius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar